Profil Susi Air, Maskapai Penerbangan Asal Pangandaran

Profil Susi Air, Maskapai Penerbangan Asal Pangandaran

Susi Air adalah sebuah maskapai penerbangan Indonesia asal Pangandaran yang dioperasikan oleh PT. ASI Pudjiastuti Aviation yang didirikan pada tahun 2004 untuk penerbangan berjadwal dan charter.

Pada awal beroperasinya, Susi Air hanya memiliki 2 buah pesawat. Maskapai penerbangan ini didirikan oleh Ibu Susi Pudjiastuti (sekarang menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan RI) dan Christian von Strombeck pada bulan Desember 2004 dengan tujuan untuk mengantar muatan perusahaan perikanan miliknya.

Kemudian ketika bencana gempa dan tsunami melanda sebagian besar wilayah Sumatera, dua pesawatnya dipesan untuk mengirimkan bantuan ke daerah-daerah bencana. Sejak saat itu, 2 pesawat tersebut disimpan dan dioperasikan di Medan.

Yang awalnya Susi Air beroperasi untuk memberikan penerbangan charter, kemudian pada tahun 2006 Susi Air mulai mengembangkan penerbangan yang dijadwalkan dengan rute berbasis di Medan. Perusahaan kemudian terus berkembang dan hingga saat ini Susi Air telah mengoperasikan armadanya dengan 50 pesawat yang terdiri dari 32 Cessna Grand Caravan C208B, 9 Pilatus PC-6 Porter Turbo, 3 Piaggio P180 Avanti II, 1 Air Tractor AT802 "Fuel Hauler", 1 Berlian Twin Star DA42, 1 Piper PA-28 Archer dan 1 Dornier Do 228. Kemudian pada akhir 2009 datang 1 helikopter, 1 Agusta Westland Grand A109S dan kemudian 1 Agusta Westland Koala A119Ke.

Susi Air kini telah memiliki 23 basis operasional utama yang tersebar di Medan, Banda Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Jakarta, Pangandaran, Balikpapan, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Malinau, Ketapang, Kupang, Makassar, Ternate, Manokwari, Biak, Nabire, Timika, Jayapura, Wamena, dan Merauke dan didukung oleh total lebih dari 180 pilot, 75 insinyur pesawat dan mekanik dan 650 staf pendukung lainnya.

Sumber: Fly.susiair.com

Share this:

Disqus Comments