Jus Dan Minuman Sari Honje, Cara Membuat Dan Manfaatnya

Jus Dan Minuman Sari Honje, Cara Membuat Dan Manfaatnya

Pada umumnya honje atau buah kecombrang digunakan sebagai rempah penyedap masakan, dengan menambahkan honje ke dalam masakan akan membuat masakan tersebut terasa segar. Salah satu masakan yang menggunakan honje sebagai penyedap dan penyegar masakan adalah masakan pindang gunung khas Pangandaran.

Nah kini selain sebagai penyedap masakan, honje dapat diolah sebagai minuman jus yang menyegarkan dan berkhasiat. Namun honje yang dijadikan sebagai minuman jus ini berbeda dengan jus yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan. Honje yang biasa digunakan untuk masakan biasanya berwarna merah muda, nah honje yang kita manfaatkan untuk minuman jus ini berwarna merah tua atau yang sering disebut dengan nama honje laka seperti pada gambar di atas.

Dengan menggunakan honje laka yang berwarna merah tua, maka hasil jusnya akan lebih menarik karena warna minumannya akan lebih merah daripada menggunakan honje yang biasa digunakan untuk masakan yang berwarna merah muda.

Cara membuat jus honje ini sangat mudah. Jika Anda ingin mencoba membuatnya silahkan ikuti caranya di bawah ini.
  1. Silahkan pisahkan buah honje dari tangkainya kemudian bersihkan dengan air bersih sambil disikat untuk menghilangkan bulu-bulunya.
  2. Silahkan tumbuk atau blender buah honje yang telah dibersihkan tadi sampai halus.
  3. Tambahkan air secukupnya, biasanya untuk 1 kg honje menggunakan 5 liter air putih, lalu rebus sampai mendidih. Perebusan ini agar sari buah honje bisa tahan lama.
  4. Setelah mendidih, angkat rebusan honje dan biarkan sampai dingin kemudian pisahkan airnya dari ampasnya dengan saringan. Sari buah honje ini bisa tahan sampai 1 bulan di dalam kulkas.
  5. Untuk membuat jus honje, silahkan gunakan sari honje secukupnya dan masukan ke dalam blender kemudian tambahkan air gula secukupnya juga, tambahkan es secukupnya kemudian blender.
  6. Nah sekarang jus honje telah siap dihidangkan.
Selain dibuat minuman jus, honje juga dapat dijadikan sebagai minuman sari buah honje. Caranya cukup mudah, pada langkah ke-3 di atas, tambahkan gula pasir ke dalam rebusan buah honje. Untuk 1 kg buah honje, tambahkan 2 kg gula pasir dengan 5 liter air.

Setelah mendidih silahkan angkat rebusan buah honje lalu biarkan hingga dingin. Silahkan saring ampasnya dan masukan airnya ke dalam botol. Nah minuman sari buah honje telah siap dihidangkan dan akan lebih nikmat diminum dingin dengan disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas atau Anda bisa menambahkan es batu secukupnya ke dalam gelas kemudian tuangkan sari buah honje secukupnya.

Minuman honje ini baik jus atau sari buah honje selain sebagai minuman yang menyegarkan, juga berkhasiat untuk kesehatan, diantaranya untuk menjaga stamina, menurunkan kolesterol, berat badan, dan darah tinggi.

Share this:

Disqus Comments