Curug Bojong, Destinasi Wisata Yang Tidak Terlupakan

Curug Bojong, Destinasi Wisata Yang Tidak Terlupakan

Dengan ketinggian antara 100 – 150 meter di atas permukaan laut dan disusun dari gugusan bebatuan hitam dan suhu udara antara 25 – 28 C dengan aliran sungai di tengah, menjadikan Curug Bojong sebagai wana wisata yang cukup mempesona.

Ini berupa hutan lindung yang memiliki aliran sungai dengan sumber air berupa mata air yang kini dimanfaatkan untuk wisata tirta berupa pemandian alam dan digunakan juga untuk mengairi lahan pertanian dan kebutuhan air bersih masyarakat di sekitarnya.

Panorama lainnya yang menjadi daya tarik dari Curug Bojong ini adalah air terjun sesuai dengan namanya curug yang berarti air terjun. Setidaknya terdapat 3 buah curug atau air terjun di kawasan Curug Bojong ini. Nama Curug Bojong ini berasal karena aliran sungainya berasal dari kampung Bojong.

Wana wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan roda empat. Namun jika Anda hobi bersepeda gunung, Anda bisa melalui jalan untuk Adventure Track atau bagi yang suka dengan hiking Anda bisa berjalan kaki untuk mencapai Curug Bojong dengan melewati hutan. Wana wisata ini tepatnya berada di Desa Sukahurip Kecamatan Pangandaran, arah utara pantai Pangandaran.

Selama perjalanan menuju Objek Wisata Curug Bojong, pengunjung akan disuguhi pemandangan dengan nuansa pedesaan berupa hamparan persawahan dan hutan lindung dan hutan produksi jenis jati dan mahoni.

Kini sudah disediakan beberapa fasilitas penunjang seperti MCK atau ruang ganti, mushola, camping ground, rest area, pemandu, ban dan pelampung untuk berenang dan lainnya untuk menyamanan pengunjung.

Pengunjung dapat melakukan berbagai aktifitas seperti melompat ke air dari ketinggian 7 meter dengan mendaki bebatuan yang kokoh di samping Air Terjun. Atau pengunjung dapat beristirahat di sekitar area muara sungai Cibojong yang menyatu dengan aliran sungai Cisawangan dengan view ke arah air terjun Curug Bojong. Anda juga bisa mendaki ke puncak Curug Bojong dengan rock climbing atau melalui anak tangga alami yang berada di samping kanan air terjun. Di puncak Curug Bojong anda juga bisa berenang di kolam alami air terjun kecil. Atau pengunjung dapat melakukan water tubing di sepanjang aliran sungai.

Untuk dapat mencapai objek wisata Curug Bojong ini, Anda bisa menanyakan dan meminta bantuan para pemandu wisata setibanya Anda di Pantai Pangandaran. Di bawah ini ada beberapa foto dari air terjung atau curug Bojong.


Share this:

Disqus Comments