Citumang, Keindahan Lain Dari Sebuah Bendungan

Citumang, Keindahan Lain Dari Sebuah Bendungan

Dahulu orang hanya mengenal Citumang sebagai sebuah bendungan air sungai. Bendungan ini digunakan sebagai sumber pengairan untuk sawah-sawah di sekitarnya, dan juga sebagai sumber air PDAM untuk wilayah Pangandaran.

Kemudian ini menjadi tempat wisata untuk orang lokal di sekitar sungai Citumang sekedar tempat untuk botram (makan bersama) keluarga sambil ngaliwet (memasak nasi liwet langsung di tempat). Sebagai hiburan lainnya, mereka berenang di kolam jeram air bendungan yang berada tepat di bawah bendungan karena air yang mengalir pada jeram bendungan tidak deras sehingga aman untuk berenang. Kedalaman kolam pun hanya sekitar 1 meter sehingga asik untuk main air sambil menunggu nasi liwet masak.

Kemudian beberapa wisatawan dari luar daerah bahkan wisatawan asing yang dibawa oleh guide lokal pantai Pangandaran mulai berdatangan. Tidak hanya bermain di sekitar bendungan, mereka juga berwisata di hulu bendungan, sebuah goa tempat keluar dan mengalirnya air sungai yang menjadi sumber air bendungan. Dengan berjalan kaki melalui kebun-kebun masyarakat sekitar ke arah hulu, maka kita akan sampai ke goa yang menjadi sumber mata air sungai Citumang.

Terdapat beberapa kolam kecil alami pada aliran sungainya yang asik buat berenang, juga air jeram yang menambah keasikan berenang. Namun tidak hanya itu saja, keasrian dan kealamian Citumang menjadi daya tarik lainnya.

Kini pengunjung dapat mengeksplore aliran sungai mulai dari goa sampai ke bendungan. Dengan body rafting, wisatawan dapat menyusuri aliran sungai Citumang dengan berbagai keindahan alami dan beberapa jeram serta air yang jernih dan dingin segar.

Namun untuk keamanan wisata, kini sudah ada guide lokal yang dapat memandu acara wisata di Citumang dengan menyediakan berbagai keperluan wisata di Citumang.

Keberadaan Citumang ini hanya 15 km arah barat daya dari pantai Pangandaran tepatnya di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat - Indonesia.

Nah, jadi jika Anda berniat berwisata ke pantai Pangandaran, jangan lupa untuk mengunjungi wisata sungai Citumang ini. Silahkan tanyakan kepada para guide wisata lokal di Pantai Pangandaran yang Anda temui. Di bawah ini ada beberapa foto dari wisata sungai Citumang.


Share this:

Disqus Comments