Resep Pindang Gunung Khas Pangandaran

Resep Pindang Gunung Khas Pangandaran

Tidak lengkap rasanya jika Anda berlibur ke pantai wisata Pangandaran, Ciamis Selatan - Jawa Barat tanpa mencicipi masakan yang satu ini. Ini adalah masakan khas dari daerah Pangandaran, namanya Pindang Gunung. Eit...tunggu dulu, bukan gunung yang dipindang/dimasak hehehe... melainkan masakan ikan dengan rasa masam, pedas, gurih, dan tentunya nikmat.

Namun jika Anda tidak sempat mencicipinya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Silahkan coba membuat masakan Pindang Gunung ini dengan resep dari saya di bawah ini.
  1. Siapkan ikan laut segar seperti ikan kakap, tongkol, atau ikan bawal. Kemudian silahkan bersihkan dan potong-potong.
  2. Sediakan bumbu-bumbunya: bawang merah, bawang putih, kunir, jahe, cabe rawit, dan garam. Sediakan juga pucuk daun kedongdong, kalau tidak ada bisa menggunakan honje/buah kecomrang, ini untu memberikan rasa masam dan segar pada masakan.
  3. Silahkan haluskan atau ulek bahan-bahan di atas dengan komposisi seimbang, jika Anda suka pedas silahkan tambahkan lebih banyak cabe rawit.
  4. Siapkan panci dengan 2 gayung air putih dan panaskan. Setelah air mendidih, masukan ikan yang sudah dipotong-potong tadi. Setelah ikan dirasa setengah matang, kemudian masukan bumbu yang sudah dihaluskan tadi beserta pucuk daun kedondong. Aduk-aduk sebentar, tapi jangan terlalu keras mengaduknya agar ikannya tidak hancur. Diamkan sampai ikannya matang tapi jangan sampai air sayurnya kering karena Pindang Gunung disajikan dengan kuah yang banyak.

Nah mudah bukan membuat masakan khas Pangandaran ini? Silahkan Anda coba membuat Pindang Gunung ini untuk disajikan pada makan siang keluarga Anda, dan makin mantap jika dimakan selagi hangat.

Atau jika kebetulan Anda sedang berwisata di Pantai Pangandaran, Anda bisa mampir ke rumah makan yang pastinya selalu menyediakan pindang gunung.

Share this:

Disqus Comments