Cara Membuat Air Gula Untuk Jus Buah

Cara Membuat Air Gula Untuk Jus Buah

Anda suka minum jus buah? Atau mungkin Anda berniat membuka usaha sampingan menjual minuman jus buah? Jika iya tentunya postingan ini akan bermanfaat buat Anda.

Jangan anggap remeh pada air gula untuk membuat jus buah ini. Kenapa saya bilang demikian? Karena saya banyak menjumpai penjual minuman sirup atau bahkan minuman jus buah ini menggunakan gula putih yang tidak dicairkan terlebih dahulu atau bahkan mereka menggunakan pemanis buatan.

Untuk yang menggunakan gula putih yang tidak dicairkan terlebih dahulu, saya anggap masih baik cuman saja menurut saya rasanya kurang enak. Nah untuk yang menggunakan pemanis buatan inilah yang saya anggap tidak baik. Selain rasa jusnya menjadi tidak enak, juga tidak baik untk kesehatan yang mengkonsumsinya.

Nah untuk itu, kini saya bagikan cara membuat air gula untuk jus buah agar minuman jus buah yang Anda buat menjadi lebih enak, karena air gula akan lebih cepat larut ke dalam jus buah Anda.

Nah jika jus buah Anda enak, maka akan ada banyak pelanggan yang menyukai jus buatan Anda. Untuk membuat air gula untuk jus ini silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini
  1. Untuk membuat 1 keler air gula seperti pada gambar di atas, saya biasanya menggunakan 3 kg gula putih.
  2. Nah untuk mulai membuat air gulanya, silahkan siapkan wajan yang ukurannya agak besar agar cukup menampung air gula nantinya.
  3. Panaskan wajan di atas kompor dengan api sedang kemudian masukan gula putihnya dan tambahkan air seperti takaran untuk menanak nasi.
  4. Aduk-aduk terus gula putihnya sampai benar-benar mencair/larut dengan air.
  5. Tambahkan sedikit garam, kira-kira 1 sendok makan (peres/tidak penuh) dan silahkan aduk hingga merata. Ini dimaksudkan agar air gulanya menjadi lebih gurih. Kemudian tambahkan lagi air agar gula cair tidak terlalu kental namun juga jangan terlalu encer.
  6. Aduk terus sampai air gulanya mendidih
  7. Setelah mendidih kemudian matikan api kompornya dan diamkan agar air gulanya menjadi dingin, kemudian silahkan masukan ke tempat/wadah untuk air gula yang telah Anda siapkan. Biasanya air gula akan berwarna kuning keemasan atau seperti madu.

Dan tips untuk menyimpan wadah yang telah berisi air gula agar tidak dikerubungi semut yaitu sebaiknya gunakan baskon yang lebih besar dari tempat air gula tersebut kemudian isi air dan simpan wadah air gula tersebut di dalamnya seperti tampak pada gambar di atas.

Untuk membuat gelas jus buah, cukup menambahkan 1 - 2 sendok sayur air gula tergantung selera pembelinya. Sebenarnya dengan 1 sendok sayur air gula juga sudah manis, namun jika pembelinya senang manis bisa menggunakan 2 sendok sayur air gula. Dan sebaiknya lakukan percobaan dulu sehingga kita mendapat takaran yang pas untuk membuat 1 gelas jus. Dan sebenarnya air gula ini bukan hanya untuk jus buah saja, bisa untuk minuman sirup lainnya.

Nah sekarang silahkan bedakan rasanya antara jus buah yang menggunakan gula putih tanpa dicairkan, jus buah dengan air gula ini, dan jus buah yang menggunakan pemanis buatan.

Selamat mencoba dan selamat dengan usaha barunya...

Share this:

Disqus Comments