Stress Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup?

Stress Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup?

Stress Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup? - Ah masa sih? Pasti itu yang ada di benak Anda saat membaca judul postingan ini. Untuk itu mari kita simak uraian singkat saya di bawah ini.

Stress adalah suatu keadaan di mana fisik, psikis, mental, dan kejiwaan menjadi tegang karena berbagai tekanan hidup. Penyebabnya beragam dan bisa datang dari mana saja. Seperti banyaknya pekerjaan yang menumpuk yang belum terselesaikan, banyak hutang sehingga banyak tekanan dari penagih hutang, perceraian, dipecat dari pekerjaan, karena penyakit yang belum bisa disembuhkan, dan lain-lain.

Dan tingkat stress setiap orang pasti berbeda-beda, tergantung dari masalah yang sedang dihadapinya, kesiapan dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapi termasuk kesiapan fisik, psikis, mental, ataupun emosi, serta bagaimana sikap atau cara memenejemen stress itu sendiri.

Yang paling mudah diketahui ketika seseorang sedang stress di antaranya: muka pucat, tidak bergairah, gelisah, susah diajak berkomunikasi dan lain-lain. Dan ketika stress terus berlanjut tanpa penanganan atau menejemen emosi yang tepat, maka dapat menyebabkan berbagai hal yang tidak diinginkan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Banyak kasus bunuh diri saat ini mencerminkan semakin meningkatnya angka stress yang tidak tertangani dengan baik.

Lantas bagaimana caranya agar stress bisa meningkatkan kualitas hidup? Yang pertama haruslah datang dari dalam jiwa orang yang sedang stress itu sendiri kemudian ditunjang dengan lingkungan tempat tinggal yang dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk bisa mengatasi stress itu sendiri.

Keyakinan dan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa menjadi pokok penting untuk mengelola stress tersebut. Semakin besar tekanan stress yang datang, maka harusnya makin meningkatkan keyakinan dan keimanan kita terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa dengan cara memperbanyak ibadah dan meningkatkan kualitas ibadah kita terhadap Tuhan. Dengan begitu kita akan semakin yakin bahwa permasalahan yang tengah kita hadapi pasti akan menemukan jalan keluarnya atas pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dengan meningkatkan kualitas ibadah dan memperbanyak amalan ibadah juga menjadikan jiwa menjadi lebih tentram dan damai, dengan begitu maka dengan sendirinya kualitas hidup kita akan semakin meningkat.

Berkonsultasilah tentang permasalahan yang sedang kita hadapi dengan orang-orang yang tepat. Jangan sampai kita memendam permasalahan di dalam hati sendiri, karena mungkin saja solusinya bisa keluar dari orang lain. Dengan begitu kita bisa mengurangi tekanan permasalahan yang sedang kita hadapi sehingga bisa merasa lebih damai dan keyakinan hidup akan semakin meningkat.

Lingkungan pun akan cukup membantu untuk mengatasi stress ini. Lingkungan yang aman, tentram, damai, dan jauh dari hingar bingar akan lebih cepat memberikan dorongan positif untuk meningkatkan ketahanan jiwa, psikis, fisik, maupun emosi dalam menghadapi permasalahan yang terjadi.

Dengan hal-hal di atas, selain dapat menekan tingkat stress, juga sudah pasti akan meningkatkan kekuatan mental, emosi, dan jiwa dalam menghadapi permasalahan sehingga dengan sendirinya kualitas hidup akan meningkat.

Dan dengan menejemen emosi yang tepat dan baik dalam menghadapi masalah, bisa jadi akan menjadi titik tolak keberhasilan kita dari keterpurukan dan masalah yang sedang kita hadapi.

Share this:

Disqus Comments