Bintitan Bukan Berarti Tukang Ngintip Lho

Bintitan Bukan Berarti Tukang Ngintip Lho

Bintitan Bukan Berarti Tukang Ngintip Lho - Beredar mitos bahwa jika seseorang bintitan berarti orang tersebut tukang ngintip. Namun sebenarnya bukanlah demikian, bintitan adalah sejenis bisul kecil pada kelopak mata atas maupun kelopak mata bawah.

Bintitan ini akan menimbulkan rasa nyeri dan gatal di sekitar daerah bintitan bagi si penderita, mata berair dan sulit untuk berkedip. Dan tentunya ini memberikan rasa tidak percaya diri pada penderitanya karena ada bisul di kelopak matanya.

Hal ini akibat adanya infeksi atau peradangan di sekitar daerah mata yang disebabkan oleh bakteri. Dan benjolannya ada yang berada di kelopan mata bagian dalam dan ada juga pada kelopak mata bagian luar. Biasanya berada di daerah tempat tumbuhnya bulu mata.

Penyebab bintitan ini beragam, di antaranya daerah mata yang tidak bersih, akibat penggunaan make-up, kurang tidur, suka menggosok mata dengan tangan, dan lain-lain.

Untuk mengurangi rasa nyeri dan gatal, coba kompres dengan air hangat selama 10 - 15 menit sebanyak 5 - 6 kali dalam sehari. Jika kondisinya bertambah parah, periksalah ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik berupa tetes mata ataupun salep untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bintitan tersebut.

Jadi untuk menghindari bintitan ini, jagalah kebersihan di sekitar daerah mata, selalu mencuci tangan sebelum atau sesudah melakukan sesuatu, perhatikan make-up yang selalu Anda gunakan jangan sampai kedaluarsa dan selalu bersihkan sisa-sisa make-up, istirahatkan mata ketika mata mulai lelah dengan memejamkannya beberapa menit.

Share this:

Disqus Comments