Apakah Anda Banyak Begadang Karena Sulit Tidur?

Apakah Anda Banyak Begadang Karena Sulit Tidur?

Apakah Anda Banyak Begadang Karena Sulit Tidur? - Banyak alasan yang menjadikan orang begadang sampai larut malam. Mulai dari banyaknya pekerjaan yang harus tuntas, keasyikan ngobrol, giliran jaga malam, sampai karena sulit tidur.

Apakah keseringan begadang itu tidak baik? Tentu saja, karena begadang itu adalah suatu kondisi di mana tubuh dipaksa untuk terus terjaga. Segala sesuatu yang sifatnya dipaksa sudah pasti itu akan berakibat kurang baik. Atau memang alasan Anda begadang karena sulit tidur? Jangan-jangan Anda menderita insomnia. Untuk itu mari kita ketahui secara singkat apa itu insomnia.

Insomnia adalah suatu keadaan di mana si penderita mengalami gangguan tidur dengan ciri-ciri di antaranya sulit tidur, sering terbangun tengah malam namun sulit untuk tidur kembali, lemah dan lesu setelah bangun tidur.

Penyebab insomnia ini beragam, mulai dari stress karena banyak pikiran dan lain-lain, galau karena diputusin pacar, faktor lingkungan yang tidak mendukung karena bising dan lain-lain, giliran piket dan jaga malam, sampai karena sedang menderita penyakit lain.

Insomnia bisa dicegah dengan memperbaiki pola tidur yang baik seperti tidak menonton televisi sebelum tidur, tidak mendengarkan musik atau memainkan gadget sebelum tidur, atau tidak melakukan hal-hal yang membuat Anda terus terjaga.

Buatlah jadwal tidur atau waktu untuk tidur sehingga Anda tidur dan bangun tidur pada jam yang sama setiap hari. Hindari mengkonsumsi kopi dan merokok yang berlebihan atau mengkonsumsi minuman beralkohol karena itu bisa menyebabkan Anda selalu terjaga di malam hari dan jelas-jelas memberikan efek samping lain terhadap tubuh Anda.

Dan yang jelas, hindari kegiatan-kegiatan di malam hari yang memaksa Anda untuk terus terbangun sepanjang malam karena itu bisa menjadikan Anda salah satu penderita insomnia yang jika dibiarkan akan berakibat buruk terhadap kesehatan kita.

Share this:

Disqus Comments